Ciri-ciri dari Organisasi adalah :
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Selain itu unsur-nsur dari organisasi adalah :
* Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
organisasi merupakan tampat yang baik untuk saling bekerja sama satu dengan yang lainnya.
• Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
organisasi bukan tempat untuk seseorang bekerja sendiri, tapi dalam sebuah organisasi, ada proses kerjasama antara dua orang atau lebih
• Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
dalam sebuah organisasi terdapat tingkatan-tingaktan tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan kedudukan seseorang
• Ada tujuan tertentu
sebuah organisasi harus memiliki suatu tujuan
Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
a. Teori Birokrasi
b. Teori Administrasi
c. Manajemen Ilmiah
• Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi)
Menekenakan pentingnya aspek psikologis & sosial karyawan
• Teori Organisasi Modern
Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar